A. URAIAN
SINGKAT TENTANG SLB WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK
SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik dirintis dan didirikan
oleh karena kebutuhan masyarakat lingkungan akan pentingnya pemenuhan kebutuhan
Pendidikan Luar Biasa bagi anak - anak berkebutuhan khusus. Sekolah ini berada
dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Asuhan Anak Berkelainan Kabupaten Sleman
yang kemudian pada 28-02-2008 resmi berubah nama menjadi Lembaga Kesejahteraan
Sosial “Wiyata Dharma” yang beralamat di Jalan Magelang Km. 17 Ds. Ngebong,
Margorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta.
Di dalam usia sekolah yang sudah + 40 tahun,
SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik semakin berkembang di dalam semua aspek. Hal
tersebut dibuktikan dengan prestasi dan unjuk kerja yang diraih oleh SLB Wiyata
Dharma 3 Ngaglik dalam setiap event olah raga dan mampu meraih kejuaraan, baik
dari siswa maupun guru.
Sesuai dengan maksud dan tujuan pendidikan Luar
Biasa yang menekankan agar anak luar biasa mampu mengembangkan sikap,
pengetahuan serta ketrampilan, maka diperlukan layanan pendidikan yang optimal
yang idealnya didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, sehingga dapat
diperoleh pendidikan luar biasa yang unggul dan bermutu.
Guna mencapai layanan pendidikan yang baik
tersebut, sudah barang tentu perlu didukung dengan adanya beberapa faktor
diantaranya sumber daya manusia, dana, sarana dan prasarana yang memadai serta
lingkungan yang kondusif. Sumber daya manusia meliputi : Guru (tenaga pengajar), Orang tua siswa,
Komite Sekolah, Pengurus LKS, Siswa serta masyarakat yang mampu memberikan kontribusi
bagi pendidikan luar biasa dengan unsur-unsur terkait sehingga dapat tercipta
manajemen yang berbasis sekolah atau School Base Management.
1. Tujuan
a. Terwujudnya
kelengkapan kurikulum dan pembelajaran yang baik.
b. Terselenggaranya
administrasi dan manajemen sekolah yang baik.
c. Terciptanya
organisasi dan kelembagaan yang kokoh dan berfungsi.
d. Terpenuhinya
sarana prasarana yang memadahi.
e. Terpenuhinya
kebutuhan ketenagaan yang kwalitatif.
f. Terpenuhinya
kebutuhan pembiayan yang cukup.
g. Meningkatkan
jumlah peserta didik.
h. Tergalangnya
peran masyarakat dalam peningkatan mutu
sekolah.
i. Terciptanya
lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif bagi kegiatan belajar mengajar.
2. Visi
Sekolah
“Mengembangkan Potensi Anak Berkebutuhan
Khusus, agar hidup yang layak dan mandiri dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa”.
3.
Misi
a. Menumbuhkan
semangat bagi warga sekolah agar dapat mempertahankan status akreditasi sekolah
yang telah terakreditasi A.
b. Membimbing
dan mengembangkan potensi siswa agar hidup mandiri dan sejahtera dalam keluarga
maupun masyarakat.
c. Meningkatkan
peran serta masyarakat dalam upaya peningkatan mutu siswa.
d. Mewujudkan
karya yang bermanfaat, lapangan kerja serta modal ketrampilan bagi siswa yang
terampil dalam bidang tertentu.
3. Program Kerja Sekolah
a.
Meningkatkan Prestasi Akademik.
1). Menyempurnakan penyusunan KTSP
2). Penyusunan
Silabus, RPP dan Program Bimbingan
(1) Mengadakan pertemuan untuk menyusun silabus dan
RPP secara terrencana
(2) Pemeriksaan administrasi guru secara periodik
sebulan sekali oleh kepala sekolah pada awal bulan.
(3) Mengadakan Hari Belajar Guru secara periodik
guna mengevaluasi KBM dan Program Bimbingan yang telah dilaksanakan.
3).
Optimalisasi pemanfaatan perpustakaan dan lingkungan sebagai sumber belajar.
(1) Pengadaan tenaga pustakawan.
(2) Penjadwalan dalam penggunaan perpustakaan
secara intensif.
(3) Wajib kunjung perpustakaan bagi murid dan guru.
(4) Penambahan
buku-buku perpustakaan.
(5) Pembelajaran secara aktif, inovatif, kreatif,
edukatif dan menyenangkan (PAIKEM) atau CTL dengan memanfaatkan lingkungan
sebagian sumber belajar.
4). Menyelenggarakan case conference di tingkat sekolah.
(1) Mengadakan pertemuan membahas kasus yang
terjadi dan memerlukan penanganan segera (sesuai kebutuhan).
(2) Pertemuan rutin untuk administrasi guru.
b. Meningkatkan Prestasi Non Akademik.
1). Efektifitas peningkatan pembinaan dan latihan
olah raga
(1) Mengefektifkan kegiatan ekstrakurikuler olah
raga.
(2) Hari Jum’at sebagai Hari Krida.
(3) Mengikuti kegiatan berbagai perlombaan olah
raga.
2). Efektifitas peningkatan pembinaan dan latihan
seni
(1) Mengefektifkan kegiatan ekstrakurikuler
kesenian.
(2) Pentas seni.
(3) Mengikuti kegiatan berbagai perlombaan
kesenian.
3).
Efektifitas peningkatan pembinaan dan latihan kepramukaan
(1) Mengefektifkan kegiatan ekstrakurikuler
kepramukaan.
(2) Peringatan Hari Pramuka dengan
kegiatan-kegiatan yang kreatif, edukatif dan menyenangkan.
(3) Mengikuti event kegiatan kepramukaan.
4). Peningkatan pembelajaran ketrampilan usaha
produktif/ bengkel kerja.
(1) Mengadakan kegiatan studi banding guru
ketrampilan ke sekolah / instansi lain.
(2) Mengikutsertakan diklat guru ketrampilan.
(3) Pengadaan bahan dan alat ketrampilan yang
memadahi.
c. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan
1).
Menyelenggarakan workshop dan sosialisasi antar warga sekolah dalam upaya
peningkatan mutu pendidikan.
(1) Mengadakan
workshop penyusunan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) bagi
warga sekolah.
(2) Menyusun
Tupoksi penyelenggara sekolah.
2). Melengkapi data administrasi sekolah terdiri
dari administrasi guru, administrasi siswa dan inventarisasi kekayaan yang
akuntable.
(1) Melengkapi administrasi sekolah
(2) Melengkapi administrasi guru
(3) Melengkapi administrasi siswa
(4) Menginventarisir kekayaan sekolah secara
akuntable.
3). Rapat koordinasi
guru secara periodik.
(1) Mengadakan rapat koordinasi sekolah awal,
tengah dan akhir semester
(2) Rapat guru/sekolah bersama Komite Sekolah pada
setiap akhir semester.
d. Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
a. Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik
(1) Memberikan kesempatan bagi tenaga pendidik
untuk mengikuti pendidikan yang lebih tinggi
(2) Mengirimkan tenaga pendidik / guru untuk
mengikuti diklat dan pertemuan ilmiah
(3) Memberikan kesempatan mengikuti seleksi guru
berprestasi dan guru berdedikasi
(4) Memberikan kesempatan mengikuti sertifikasi
guru bagi yang memenuhi syarat.
b. Meningkatkan Mutu Tenaga Kependidikan
(1) Memberikan
kesempatan bagi tenaga kependidikan untuk mengikuti pendidikan yang lebih
tinggi
(2) Memberikan
kesempatan mengikuti tenaga kependidikan untuk mengikuti diklat
c. Mengikuti KKG /
MGMP
(1) Pembagian tugas guru
(2) Mewajibkan guru untuk mengikuti kegiatan
KKG/MGMP
d. Penambahan Guru
(1) Pengadaan guru
kelas (sesuai kebutuhan)
(2) Pengadaan 2
orang guru ketrampilan (1 guru ketrampilan putra & 1 guru ketrampilan putri)
(3) Pengadaan 2
orang guru kesenian (seni rupa/lukis dan seni
suara/musik)
(4) Pengadaan 1
orang guru olah raga
(5) Pengadaan 1
orang guru BP/BK
(6) Pengadaan 1
orang guru Bahasa Inggris
(7) Pengadaan 1
orang guru Agama Nasarani (Katholik)
e. Pengadaan Sarana Prasarana
a. Pengadaan Sarana
Pendidikan
(1) Pengadaan
alat-alat pembelajaran
(2) Pengadaan alat
praktek
(3) Pengadaan buku
siswa dan guru
b. Pengadaaan alat
tulis kantor (ATK) dan perawatan komputer
c. Pengadaan
Prasarana Pendidikan.
(1) Membangun ruang
kelas baru (RKB)
(2) Membangun ruang
kepala sekolah
(3) Membangun ruang assesmen
(4) Membangun ruang program khusus
(5) Membangun ruang UKS
(6) Membangun ruang BP
(7) Membangun bengkel kerja / unit usaha produksi
(8) Membangun Mushola
d. Perawatan sarana
dan prasarana pendidikan.
(1) Sewa penggunaan listrik
f. Terciptanya Kehidupan Agamis dalam
Kehidupan Sehari-hari
a. Pembelajaran yang
berorientasi pada kehidupan sehari-hari
(1) Penyusunan
perencanaan pembelajaran yang berorientasi kehidupan agama
(2) Ekstrakulikuler
baca tulis Al Qu’an
(3) Pesantren
Ramadhan
(4) Shalat
berjama’ah Dhuhur
(5) Pembinaan dan
penerapan perilaku agamis (akhlak karimah) dalam kehidupan sehari-hari.
b. Peringatan
Hari Besar Agama dan Hari Besar Nasional
B. IDENTITAS
SEKOLAH
1. Nama Sekolah : SLB
WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK
2. NSS : 874040213001
3. Alamat :
Jalan /
Desa : PLOSO KUNING VII,
MINOMARTANI
Kecamatan : NGAGLIK
Kabupaten : SLEMAN (Kode
Pos : 55581)
4. Nomor Telp. : (0274) 4533248
5. Web Site : --
6. Email : wiyatadharma3@yahoo.com
C. JENIS
PELAYANAN
1. Jenis
Layanan bagi Ketunaan Yang Ada Di Sekolah
a.
Tuna Netra (A)
b.
Tuna Runguwicara (B)
c.
Tuna Grahita Ringan (C)
d.
Tuna Grahita Sedang (C1)
e.
Tuna Daksa (D)
D. TANGGAL
BERDIRI
1. Akte Notaris : Nomor
067
2. Tanggal : 1 – 1 –
1970
3. Nama Notaris : NINA
KARLIN, SH.
(Akte Perubahan Yayasan YPAB Kabupaten Sleman menjadi LKS Wiyata Dharma berdasar Akte Notaris
No : 17 tertanggal : 28 Februari 2008, Pada Notaris: NINA KARLIN, SH.)
E. IJIN
OPERASIONAL
1. No. SK : 188/I.13.1/i.85
2. SK Kelembagaan : Kanwil
Depdikbud Propinsi DIY
3. Tanggal : 3 Oktober 1985
F. YAYASAN :
1. Nama Yayasan : YPAB KAB. SLEMAN (LKS
WIYATA
DHARMA)
2. Alamat
Jalan /
Desa : MAGELANG Km. 17
Kecamatan
: TEMPEL
Kabupaten
: SLEMAN
No.Telepon/Fax
: (0274) 868773 / -----------
3. Tanggal Pendirian : 1
Januari 1970
G. TANAH
DAN BANGUNAN
1. Status Tanah : Sewa
(Hak Guna Pakai)
2. Luas Tanah : 3151 m2,
No.
|
Nomor Sertifikat
|
Persil
|
Kelas
|
Luas
|
Letak
|
1
|
-
|
No.83
|
d III
|
200 m2
|
Timo, Plosokuning, Minomartani, Ngaglik, Sleman
|
2
|
-
|
No.83
|
d III
|
1.046
m2
|
|
3
|
-
|
No.84
|
S.IV
|
1905 m2
|
|
Jumlah
|
3151 m2
|
||||
3. Luas Bangunan : 947 m2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar